Cari Entry Yang Anda Inginkan

Wisata Samarinda Yang Sering Dikunjungi

Diposting oleh Greempanks on Jumat, 04 Januari 2013

Kebun Raya Samarinda
Hutan yang luasnya 300 Ha ini pada awalnya adalah sebagai hutan pendidikan dan kebun botani Unmul yang sering dimanfaatkan oleh para civitas akadmika UNMUL, masyarakat luas baik dalam maupun luar negeri untuk melakukan penelitian.

Dari luas 300 Ha tersebut, 62 Ha telah dibangun beberapa fasilitas seperti Danau buatan, Jalan, Fasilitas Olah Raga, Panggung Hiburan. Setelah penandatanganan MOU antara Universitas Mulawarman dan Pemerintah Kota Samarinda pada tanggal 17 Pebruari 2001 Pemerintah Kota akan menambah fasilitas untuk kelengkapan sarana rekreasi.
 
Lokasi ini berjarak sekitar 12 Km kearah utara Kota Samarinda. Dalam waktu dekat akan dibangun Kebun Binatang, Taman Burung, Kolam Renang, Taman Bunga, Tempat Berkemah.
Penangkaran Buaya
Lokasi ini terletak di Keluarahan Makroman sekitar kurng lebih 17 Km dari pusat Kota Samarinda dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat. Luas kawasan penangkaran buaya ini kurang lebih 7 Ha.

Jenis Buaya yang terdapat dipenangkaran ini antara lain :
  • Buaya Muara (Crocodylus Forotus)
  • Buaya Siam (Crocodylus Siamentis)
  • Buaya Senyulong (Tomistoma Schedelli)
Desa Pampang
Kawasan ini adalah Suku dayak dan Taman Budaya yang memperlihatkan kebudayaan dan kesenian Suku Dayak Asli seperti atraksi keseniaan, kerajinan dan lain-lain. Desa Pampang berdiri sekitar tahun 1973, dari perpindahan penduduk Desa Long Liis, Apokayan, Kabupaten Bulungan yaitu Jawi Ngau, Petingai, Taman Bulan, Taman Juli, Taman Ana, Palejo, Bit Imang.

Masing-masing membawa lima orang anggota, sehingga keseluruhan berjumlah 35 orang dari daerah asalnya mereka berjalan kaki menyusuri daerah Mahakam, kemudian singgah pada suatu daerah untuk bertani dan berpindah lagi hingga mencapai Desa pampang yang selanjutnya mereka anggap cocok untuk tempat bertani.
 
Setiap hari minggu dikawasan ini diadakan pertunjukan atau atraksi kesenian yaitu :
  1. Kancet Lasan
  2. Kancet Punan Lettu
  3. Kancet Nyelama Sakai
  4. Dance Hudog
  5. Dance Manyam Tali
  6. Dance Pamung Tawai
  7. Dance Burung Enggang
  8. Dance Leleng
 Air Terjun Tanah Merah
Tempat wisata ini berada di jalan poros Samarinda-Bontang, dekat lokasi KRUS. Selama libur, air terjun Tanah Merah ramai dikunjungi warga, khusus kalangan muda-mudi dan keluarga.Lokasi Air Terjun terletak di Dusun Purwosari, Kelurahan Tanah Merah, Samarinda Utara. Tempat ini tak hanya menawarkan panorama air terjun yang menawan, namun juga dilengkapi beberapa gazebo tempat bersantai, bangku taman yang teduh dengan rimbunan pohon-pohon besar di sekelilingnya, warung, areal parkir kendaraan yang luas, arena bermain anak-anak dan tempat pemandian umum.

Demi memudahkan pengunjung melihat seluruh pemandangan disekelilingnya, pihak pengelola membangun tangga kayu yang membelah bukit. Sehingga pengunjung lebih leluasa naik-turun bukit tanpa khawatir jatuh terpeleset.
 
Pengunjung Air Terjun Tanah Merah tidak hanya berasal dari Samarinda, tapi ada pula dari Sangata, Bontang, Sebuluh, Tenggarong serta Balikpapan. Lina, penjual tiket, menjelaskan selama libur lebaran harga tiket naik Rp 1.000 dibandingkan hari biasa.
 
Tiket masuk anak-anak dewasa Rp 4.000, anak-anak Rp 2.000, motor Rp 1.000 dan roda empat Rp 2.000. Namun, sejumlah pengunjung masih menyayangkan akses jalan menuju lokasi air terjun yang belum diaspal. "Memang, sepanjang satu kilometer akses jalan masih berbatu sehingga mengganggu kenyamanan para pengguna jalan. Kami berharap peran serta pemerintah untuk membenahi akses jalan tersebut
Sarung Samarinda
Pada mulanya kerajinan ini dibawa oleh orang-orang Bugis dari Sulawesi yang tinggal di pesisir Sungai Mahakam (sekarang Samarinda Seberang). Di setiap pemukiman Suku Bugis dapat ditemukn pengrajin Sarung Samarinda.

Alat Tenung yang digunakan para pengrajin masih tradisional yang disebut Gedokan atau Alat Tenung Bukan Mesin (ATBM). Setiap satu sarung dperlukan 2-3 hari untuk membuatnya.

Info Kerajinan Tenun / Sarung Tenun:
  1. Show Room ALAYDRUS, Jl.Merah Delima
  2. Show Room H.ROHANA IDRIS, Jl.Bendahara
  3. Show Room MIVIKA, Jl.Aminah Syukur
  4. Show Room FITRIAH, Jl.Jendral Sudirman
  5. Toko INDAH PERMATA, Mall Mesra Indah Lt.1
  6. Permata & Souvenir DEWI INDAH, Mall Mesra Indah Lt.1
  7. Souvenir A.C.I, Komplek Citra Niaga
  8. Souvenir HM YUSUF HD, Komplek Citra Niaga
  9. Pengerajin Yayasan Kesetiakawanan Sosial, Jl.P.Bendahara
  10. Show Room BERDIKARI, Jl.P.Bendahara

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.