Cari Entry Yang Anda Inginkan

Memuat...

Kota Tepian Dikalimantan Timur

Diposkan oleh Kaharno Rano on Rabu, 02 Januari 2013

Samarinda juga lebih dikenal sebagai ibukota provinsi Kalimantan Timur, yang merupakan salah satu provinsi kaya di Indonesia. Samarinda secara geografi dibelah oleh sungai besar yaitu Sungai Mahakam. Dikarenakan dibelah oleh sungai besar, pastinya kota ini mempunyai landmark jembatan salah satunya.


Sebelum ada jembatan diatas, yaitu jembatan Mahulu ( Mahakam Hulu) , Samarinda hanya mempunyai sebuah jembatan panjang di dekat pusat kota yang berwarna kuning sehingga disebut juga Jembatan Kuning atau Jembatan Mahakam.
Dan sesuai dengan perkenalan awal tadi, bahwa Samarinda sebagai ibukota dari Provinsi kaya di Indonesia. Di kota ini, sangat banyak tambang batubara dijumpai di pojok-pojok kotanya. Kontur kotanya yang dibelah sungai dan juga berbukit-bukit ini membuat seluruh kota yang sangat luas ini tidak bisa  leluasa melihat keseluruhan kotanya.
Dan dikarenakan pusat kotanya ini berada di dekat tepi sungai Mahakam, maka dijulukilah kota ini sebagai Kota Tepian.

Selain 2 jembatan tadi landmark kota ini, 2thn belakangan ini muncul landmark baru yang tidak kalah megah dan konon merupakan salah satu termegah di Asia Tenggara, yaitu tak lain dan tak bukan Islamic Centre Samarinda, yang digandang2 terbesar di Indonesia.
Samarinda, walaupun sebagai ibukota provinsi di Kaltim tetapi dalam hal pembangunan di provinsi pusat bisnis dipusatkan di Kota Balikpapan dan Samarinda sebagai administratifnya dikarenakan di kota Balikpapan -lah pintu gerbang Kaltimnya (Bandara Internasional Sepinggan) berada. Dan walaupun tidak ada bandara internasional, di kota ini terdapat juga bandara perintis Termindung untuk trasportasi antar kota Kaltim saja.
Disamping lewat udara, Samarinda juga bisa dicapai via darat yang 2 jam perjalanan dari Kota Balikpapan ataupun via sungai Mahakam.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.